Air Sungai Meluap Tanggul Penahan Air Jebol

luapan air sungai membanjiri lahan pesawahan dan kolam ikan warga

Tawangbanteng.sideka.id(26/11/2018): Aliran Sungai Cibanjaran Desa Sinagar Kec. Sukaratu Kab. Tasikmalaya meluap, tanggul penahan aliran air jebol  dan mengakibatkan air masuk membanjiri lahan pesawahan warga. Menurut keterangan warga sekitar jebolnya tanggul sekitar pukul 02.25 Pagi WIB.

lumbung Padi milik warga terbawa arus

Curah hujan yang sangat tinggi sepanjang hari menjadi alasan debit air meningkat, sehingga luapan air menjadi semakin tinggi. Tanggul penahan air pun tidak kuat menahan luapan air, Akibatnya air menjebol tanggul yang menjadi penahan aliran sungai dan membanjiri lahan sawah milik warga Desa Linggajati, karena sungai tersebut menjadi batas antara Desa Sinagar dan Desa Linggajati.

 

 

tanggul air jebol

Pemilik sawah merasa sangat di rugikan, pasalnya padi yang di tanam sudah akan di panen beberapa hari lagi menjadi rusak tergenang air. Di ketahui Lahan yang tergenang air kurang lebih sekitar 1 hektar yang terdiri dari sawah dan kolam ikan sehingga bukan hanya pemilik sawah yang di rugikan, pemilik kolam ikan pun merugi karena ikannya terbawa hanyut oleh banjir.

sawah dan kolam ikan warga rusak terbawa hanyut oleh banjir

Kp. Ciponyo Desa Tawangbanteng yang berada di selatan sungai itu berdampak terancam banjir apabila kerusakan tanggul tidak cepat di tangani, karena letak kp. Ciponyo berada di dataran rendah bantaran sungai. Warga sekitar berharap pemerintah Kab. Tasikmalaya secepatnya menangani kerusakan tanggul itu karena dikhawatirkan curah hujan berlanjut semakin tinggi dan memperparah keadaan.

Sumber, Photo: ilham ridwanulloh (Pandu Desa Tawangbanteng)

#bencanaalam

#banjir

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan