Musyawarah Pemilihan Anggota BPD Baru Masyarakat Dusun Cicadas

Tawangbanteng(27/10/2018): acara pemilihan anggota BPD baru untuk Dusun Cicadas Desa Tawangbanteng Kec. Sukaratu berlangsung aman dan kondusif. Acara ini di hadiri oleh beberapa pejabat Desa yang ikut mengatur jalannya pemilihan sekaligus memberikan pengarahan mengenai tugas dan fungsi anggota BPD.

Badan Pemusyawaratan Desa (BPD), dalam sistem pemerintahan desa saat ini menempati posisi yang sangat penting, sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia No 110 Tahun 2016 tetang Badan Permusyawaratan Desa.

Acara di selengarakan di rumah salah seorang warga kp.Cicadas yang terletak di tengah kampung Cicadas. Pemilihan berlangsung dengan cepat, karena hanya ada 1 calon bernama Agus hendi dan sebagai incumbent BPD sebelumnya. Hasilnya Agus hendi kembali di tunjuk masyarakat untuk menjadi wakil anggota BPD kedusunan Kp. Cicadas.

Alasan masyarakat menunjuk kembali  beliau menjadi anggota BPD, karena melihat hasil kinerja beliau selama menjabat sebagai BPD banyak sekali memberikan hal positif bagi masyarakat, khususnya dalam bidang pembangunan. Selain itu pekerjaan mulia yang beliau jalani sekarang ini dengan menjadi guru SDN Gunungsari 4 menjadi dasar kepercayaan masyarakat kepada beliau.                                                                                                                                                                                                                       Fungsi BPD adalah membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat desa dan melakukan pengawasan kinerja kepala desa. Dari tiga tugas ini sudah jelas BPD adalah lembaga yang memiliki kekuatan dalam dalam menyepakati peraturan desa yang bakal menjadi pedoman pelaksanaan pembangunan desa.

BPD juga memiliki kekuatan untuk menyampaikan aspirasi warga. Penyampaian aspirasi dilakukan melalui beberapa tahap kerja yakni BPD harus melakukan penggalian aspirasi masyarakat, menampung aspirasi masyarakat yang disampaikan ke BPD dan mengelola aspirasi masyarakat sebagai sebuah energi positif dalam merumuskan langkah kebijakan desa.

Masyarakat berharap dengan tepilihnya lagi Agus Hendi sebagai anggota BPD bisa memberikan kontribusi yang lebih baik lgi bagi masyarakat Kedusunan Kp. Cicadas, dan bisa menampung dan mengolah asprasi masyarakat mengenai pembangunan Desa dengan cepat dan tepat, sehingga bisa mewujudkan masyarakat desa yang sejahtera.

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan